Logo
Gereja Abu Sirga
NEWS & ARTIKEL Gereja Abu Sirga abu serga
Gereja Abu Sirga merupakan Gereja Tertua di kota Cairo, yang dibangun sekitar abad ke 4. Gereja ini didedikasikan kepada 2 orang martir abad awal bernama St. Sergius dan Bacchus yang juga secara tradisi gereja ini didirikan di tempat kediaman dari Keluarga Kudus ( Yusuf, Maria dan bayi Yesus Kristus ) selama mereka mengungsi di Mesir dikarenakan pengejaran dari Raja Herodes ( Mat 2 : 13 ).

Kemungkinan besar bangunan gereja didirikan pada sekitar abad ke 5. Dan sempat rusak akibat kebakaran yang terjadi pada tahun 750. Setelah itu bangunan direstorasi kembali pada abad ke 8. Dan juga direnovasi secara berkelanjutan selama abad pertengahan.

Dari bentuk dan gaya bangunannya, sangatlah mudah menentukan bahwa bangunan gereja ini merupakan gaya gereja Koptik awal, dengan bentuk atapnya menyerupai Bahtera Nuh serta ada 12 tiang kolum yang menyangga gereja (melambangkan 12 rasul Kristus).

Di bawah gereja terdapat Gua yang secara tradisi dipercaya sebagai tempat tinggal Keluarga Kudus pada saat mereka berada di Mesir.

Gereja ini terus dikunjungi oleh para peziarah dan turis dari seluruh dunia mengingat peristiwa pengungsian Yesus, Maria dan Yusuf ke Mesir. Setiap tahunnya pada kalendar Gereja Koptik ( hari ke 24, bulan Bachons ) di gereja ini diadakan misa untuk memperingati peristiwa tersebut, yang terus diadakan sampai hari ini.

More from Holyland Tour Jakarta Artikel :
Holyland Tour Jakarta : Mesir Cabut Status Darurat dan Jam Malam
Pengadilan administratif mengeluarkan keputusan, peraturan tersebut harus berlaku efektif selama 2 bulan kalender.

Holyland Tour Jakarta : Ribuan Warga Palestina Sambut Natal di Bethlehem
Bethlehem (AFP/ANTARA) – Ribuan warga Palestina dan wisatawan berbondong-bondong ke kota Betlehem
Holyland Tour Jakarta : Kisah lagu O Little Town of Bethlehem
Bethlehem kota kecil adalah tempat yang dipilih Yesus dalam karya penyelamatan manusia oleh Tuhan.
Holyland Tour Jakarta : Kisah dibalik lukisan Perjamuan Terakhir
Lukisan ‘Perjamuan Terakhir’ dilukis oleh Leonardo Da Vinci, seorang artis Italia yang terkenal. Lukisan ini dibuat selama 7 tahun, dan menggambarkan 12 rasul serta Yesus sendiri yang sedang mengadakan perjamuan terakhir.
Holyland Tour Jakarta : Bukit Zaitun
Dari dulu, sangat banyak orang Yahudi dikuburkan di tempat ini, terutama di bagian selatan yang terdapat kuburan yang digali dari dalam batu, yang sekarang menjadi desa Silwan.